pembelajaran tajwid dasae

 ✨  Pembelajaran tajwid dasar ✨

Ilmu tajwid adalah : ilmu yang digunakan untuk mengetahui cara mengucapkan kalimat – kalimat Al-Qur’an agar supaya lisan kitatidak salah dalam membacanya. Hukum mempelajari ilmu tajwid adalah fardlu kifayah dan mengamalkannya adalah fardlu ‘ain.

1. HUKUM NUN MATI DAN TANWIN

 

Nun mati dan tanwin bila bertemu dengan huruf  hijaiyyah hukumnya ada: 5

1.idzhar

2.idzghom dengan disertai dengung

3.idzghom tanpa adanya dengung.

4.iqlab

5.ikhfa’

kesemuanya itu memiliki huruf dan pengertian sendiri-sendiri.

• IDZHAR

Ialah :mengeluarkan huruf-huruf idzhar tanpa disertai dengungan, pantulan, berhenti, tasydid. sedangkan bacaan idzhar mempunyai enam huruf ( hamzah, hak,’ain, kha’, kho’, ghoin)

Contoh:


                       َجَنَّاتٍ أَلْفَافًا مَنْ آمَن


            ْمِنْهُم


                                    َحَقِيْقٌ عَلِيٌّ أَنْعَم


                                    َعَلِيْمٌ حَكِيْمٌ يَنْحِتُوْن


                                                يَوْمَئِذٍ خَاشِع 

• IDZGHOM DENGAN DISERTAI DENGUNG

Ialah : memasukkan nun mati atau tanwin pada huruf ya, nun, mim, wawu..yang mana huruf-huruf tersebut tidak dalam satu kalimah sekira nun mati atau tanwin tersebut menjadi satu huruf dengan ya’, nun, mim, wawu. Namun bila berada dalam satu kalimah maka dinamakan bacaan idzhar.

Contoh :


      قِنْوَانٌ دُنْيَا


ٌصِنْوَانٌ عُنْوَان

sedangkan lamanya dengung dalam kitab-kitab tajwid diterangkan 1 alif atau 2 harokat ( 2 gerakan ) namun dalam praktek adalah 3 gerakan(1.5 alif)

contoh:


                     َمَنْ يَقُوْلُ بَرْقٌ يَجْعَلُوْن


                        مِنْ نُطْفَةٍ


                        ًمِمَّنْ مَنَعَ مَثَلًا مَّا بَعُوْضَة


                        ْغِشَاوَةٌ وَلَهُم


• IQLAB

Ialah : Mengganti suaranya nun mati atau tanwin dengan suaranya mim, disertai dengung ( sama dengan idzghom dengan disertai dengung ) perlu diingat bahwa posisi mulut tidak terlalu rapat tapi masih ada renggang. Sedangkan hurufnya ada satu yaitu Ba’.


contoh : مِنْ بَعْد menjadi مِمّْبَعْد


سميعٌ بَصِيْر menjadi سَمِيْعُمْبَصِيْر

• IKHFA’

Ialah : Mengucapkan huruf mati yang tak bertasydid pada posisi diantara idzhar dan Idzghom.juga disertai dengung. Sedangkan hurufnya ada 15 (ص ف ذ ث ك ج ش ق س د ط ز ت ض ظ )

Contoh: يَنْصُرْكُمْ رِيْحًا صَرْصَرَا dan seterusnya.


                        مُنْذِر                  


                       مِنْ ثَمَرَة جَمِيْعًا ثُمّ        

B. HUKUM MIM MATI

Bila bertemu dengan salah satu dari huruf hijaiyyah mempunyai 3 hukum:


Ikhfa’ syafawy Terjadi bila setelah mim mati terdapat huruf ba’

Contoh: تَرْمِيْهِمْ بِحِجَارَةٍ مِنْ سِجِّيْل dibaca ٍتَرْمِيْهِمْبِحِجَارَة


Idzghom mitsly terjadi bila setelah mim mati terdapat mim.

Contoh: ٌفِيْ قُلُوْبِهِمْ مَرَض dibaca ٌفِيْ قُلُوْبِهِمَّرَض


Idzhar syafawy terjadi bila setelah mim mati terdapat huruf selain ba’ dan mim.

Contoh: َعَلَيْهِمْ وَلاَ الضَّالِيْن dan َأَنْعَمْت


Popular posts from this blog

metode tilawati dalam pembelajaran Alquran anak usia dini